Begini cara mudah cek penerima bansos 2021 yang cair bulan Mei 2021

Cek Penerima Bansos Bulan Mei 2021 Dengan Cara Berikut Ini

Cara cek penerima bansos bulan Mei 2021 menjadi informasi yang sangat anda butuhkan. Adapun pemberian dari program bantuan sosial tersebut diberikan kepada masyarakat kurang mampu. Tujuannya adalah untuk membantu proses pemulihan ekonomi nasional selama musim pandemi Covid-19.

Seperti yang sudah kita ketahui, pandemi Corona yang masih menyerang dunia memang belum bisa dikendalikan secara maksimal, termasuk di tanah air. Adapun untuk membantu masyarakat kurang mampu agar bisa bertahan di tengah terjangan virus tersebut, maka pemerintah mengeluarkan berbagai macam program bantuan sosial atau BANSOS.

Baca Juga: 6 Bantuan Mei 2021 Yang masih Bisa Di terima jangan ketinggalan!

Jenis-jenis Program Bansos dari Pemerintah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pemerintah memang menawarkan berbagai macam program bantuan sosial untuk masyarakat kurang mampu. Diharapkan bantuan tersebut dapat mengembalikan kondisi perekonomian mereka. Adapun beberapa jenis bantuan sosial tersebut diantaranya adalah:

1.     Program Keluarga Harapan atau PKH

PKH ini diperuntukkan bagi sekitar 10 juta keluarga penerima manfaat dimana disalurkan oleh Himbara melalui rekening-rekening. Bantuan tersebut akan diberikan dalam empat tahan selama satu tahun yakni pada Januari, April, Juli serta Oktober.

Sasaran dari bantuan social satu ini adalah sejumlah kelompok masyarakat seperti keluarga yang didalamnya terdapat ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, lanjut usia hingga penyandang disabilitas. Banson untuk jenis ini biasanya akan disesuaikan dengan setiap komponen didalamnya.

Baca Juga: Inilah Link Untuk Cek Online Penerima BPUM 2021 Senilai Rp 1,2 Juta! Buruan Daftar!

2.     Program Sembako

Sedangkan untuk program sembako ini sendiri menyasar sekitar 18 juta KPM dimana disalurkan oleh Himbara melalui KKS (Kartu Keluarga Sejahtera). Perima dari program tersebut akan memperoleh bantuan sebesar Rp200.000 dan sudah disalurkan mulai bulan Januari 2021.

Sesuai dengan namanya, penerima dari bantuan ini akan memperoleh sejumlah sembako senilai tersebut. Namun, khusus untuk warga Jabodetabek, bantuan tersebut diganti dengan uang asli dengan nilai sama.

3.     Bantuan Sosial Tunai atau BST

Program bantuan social terakhir dari pemerintah untuk mengembalikan perekonomian selama Covid-19 adalah Bantuan Sosial Tunai. Dimana para penerima akan memperoleh dana sebesar Rp300.000. Pemberian tersebut berlangsung selama 4 bulan berturut-turut dan dihitung sejak Januari hingga April 2021.

Sasaran dari program tersebut yakni 10 juta PKN yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun penyalurannya melalui PT Pos Indonesia. Penerimanya merupakan masyarakat yang telah terdata dalam data Terpadu Kesejahteraan Sosial ataupun tidak mempunyai data di DTKS.

Baca Juga: Cara dan syarat mendapat BLT UMKM 1.2 Juta Dengan Mudah cek disini!

Cara Cek Penerima Bansos Bulan Mei 2021

Adapun bantuan sosial pada bulan Mei ini akan disalurkan sekaligus dengan bulan Juga juga. Hal ini berdasarkan dengan konferensi Pers BPKN oleh Menko PMK RI. Dimana bantuan pada bulan Mei akan sekaligus dirapel dengan bulan Juni. Hal ini sebagai upaya agar memaksimalkan bangkitnya perekonomian masyarakat.

Ini jugalah yang membuat banyak orang penasaran apakah akan memperoleh bantuan kembali ataukah tidak pada bulan ini. Daripada anda penasaran, maka tidak ada salahnya buat cek penerima Bansos Bulan Mei 2021. Adapun cara buat mengeceknya tidaklah sulit, langsung saja gunakan cara berikut:

1.     Buka laman website cek bansos,kemensos.go.id terlebih dahulu

2.     Kemudian, anda bisa langsung memasukkan Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan serta Desa/Kelurahan.

3.     Masukkan nama lengkap sesuai dengan KTP

4.     Jika sudah, masukkan kode yang tertera pada kolom

5.     Terakhir, langsung saja klik tombol cari maka server akan langsung melakukan pencarian.

Nantinya, pada laman tersebut terdapat sejumlah data pencarian seperti alamat penerima, periode Bansos serta identitas dari penerima. Proses pencocokan nama KPM dan wilayah yang telah dimasukkan akan langsung dibandingkan dengan nama yang sudah tertera pada database dari Kemensos.

Selain menggunakan cara di atas, anda juga dapat melakukan pengecekan melalui bank-bank yang sudah masuk menjadi anggota Himbara seperti BNI, BRI, Bank BTN, serta Bank Mandiri. Perlu diingat bahwa setiap program BANSOS ternyata memiliki syarat serta proses berbeda-beda. Selain itu, tak semua orang bisa memperolehnya.

Mengecek bantuan sosial dari Pemerintah memang sangat penting untuk mengetahui apakah anda memperoleh bantuan tersebut ataukah tidak. Perlu diingat juga bahwa belum tentu semua orang memperoleh bantuan setiap bulannya. Segera cek penerima bansos bulan Mei 2021 segera.

TRENDING  Banpres Produktif Untuk Pelaku Usaha Mikro (BPUM) Kembali Dibuka, Segera Daftar

Originally posted 2021-05-12 23:42:40.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *