Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi Saat Dicas

Baterai Laptop Tidak Mengisi Saat Dicas

Jika suatu baterai laptop tidak mengisi saat dicas, praktis itu mengubah fungsi utama laptop yang merupakan benda yang portable dan bisa dibawa kemana-mana tanpa harus tersambung dengan colokkan listrik. Mungkin dari Anda ada yang mengalami gangguan dengan laptop yang sudah dicas, namun baterainya malah tidak terisi.

Berhubung banyaknya kejadian dimana terdapat tulisan “Plugged In, Charging” tapi persentase baterai yang tidak bertambah, membuat kami ingin memberikan cara agar dapat mengatasi masalah ini. Dengan tujuan agar fungsi laptop sebagai benda yang gampang dibawa kemana-mana tidak terganggu karena harus membawa charger setiap kali mau menggunakannya.

Selain itu, jangan terburu-buru untuk membawanya ke tempat perbaikan laptop, karena biaya yang sangat mahal. Cukup mencoba tips yang kami berikan, jika tidak ada perubahan, baru Anda bawa laptop kesayangan Anda untuk diperbaiki atau cukup membeli baterai baru yang juga harganya lebih mahal.

Baca Juga  Cara Mengatasi Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi Saat Dicas

Cara yang kami bagikan ini tidak terkhusus kepada satu laptop saja, melainkan laptop-laptop yang umumnya dijumpai di Indonesia bisa untuk mencoba cara ini. Jadi, jangan takut untuk mencoba, ya! Karena ini sama sekali tidak merusak bagian dalam komputer Anda.

  1. Melakukan Pemeriksaan Pada Baterai

Baterai pada laptop yang tidak mengisi saat dicas besar kemungkinan dikarenakan debu atau kotoran-kotoran yang ada pada baterai. Lepaskan baterai dari tempatnya dan bersihkan baterainya. Pastikan tidak merusak komponen-komponen pada baterai agar tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk mengganti baterai laptop.

  1. Istirahatkan laptop Anda

Bisa jadi ini karena laptop Anda yang terlalu panas atau diistilahkan overheat. Jadi dengan mengistirahatkan laptop Anda, baterai menjadi tidak panas karena tidak adanya aliran listrik yang tersambung. Terlebih lagi, jika terlalu sering overheat, baterai laptop menjadi cepat rusak dan kabel-kabel didalamnya menjadi susah mengalirkan listrik.

  1. Mengganti Charger

Jangan buru-buru mengira bahwa yang rusak itu adalah baterai Anda. Bisa jadi itu merupakan kerusakan pada charger laptop Anda. Jadi, Anda juga perlu untuk mengganti charger untuk melihat apa yang salah. Jika tetap baterai laptop tidak mengisi daya saat dicas, berarti bukan charger penyebabnya.

  1. Upgrade Driver

Jangan remehkan kemampuan driver untuk mengatasi masalah-masalah pada laptop Anda. Baterai laptop tidak mengisi saat dicas mungkin disebabkan karena driver laptop Anda yang sudah ketinggalan jaman sehingga membuat pemprograman pada laptop Anda tidak berjalan dengan baik. Dengan mengupgrade driver, semua pemprograman dalam laptop akan menjadi lebih lancar.

Baca Juga  Cara Memunculkan Wireless Network Connection di Windows 7

Tips Menjaga Baterai Agar Tidak Cepat Rusak

Baterai laptop harus senantiasa dijaga agar umurnya lebih panjang. Umumnya, baterai yang rusak itu disebabkan karena penggunaan yang berlebih sehingga baterai panas dan komponen didalamnya menjadi terbakar. Meskipun berkapasitas besar, penggunaan laptop tidak boleh sampe laptop mati total agar baterai awet.

Lalu agar umur laptop tetap sehat, yang dapat Anda lakukan adalah dengan sering mengistirahatkan laptop. Hal ini guna laptop tidak terlalu panas atau overheat. Selain itu, selalu gunakan charger original karena tidak semua adapter sama. Yang paling penting adalah jangan menggunakan laptop hingga 0%,batas idealnya adalah 20%.

Sebelum melakukannya, pastikan laptop Anda terkoneksi dengan internet. Setelah itu, buka Device Manager dan pilih driver yang ingin di-update. Mulai dari monitor, wifi, baterai, dan lain-lain. Di kasus ini, Anda memilih baterai. Lalu klik kanan dan klik update driver dan pilih menu Search automatically for updated driver software dan tunggu proses update hingga selesai.

Baca Juga  Review Asus ROG Mothersip, Laptop Anak Sultan

Laptop memanglah banyak penyakitnya. Hal ini membuat Anda kesal dan bingung harus berbuat apa, apalagi disaat situasi mendesak. Namun, Anda tidak perlu panik dan bawa ke tempat servis laptop. Terlebih dahulu mencoba cara-cara diatas, dan jika baterai laptop tidak mengisi saat dicas, Anda sebaiknya memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *