Baterai Laptop di Charge 0% Terus

Sudah menunggu lama mengisi daya, tapi kenapa baterai laptop di charge 0 terus, bagaimana ceritanya? Tentu saja moment tersebut sangat mengesalkan. Tahu sendiri, keuntungan memilih laptop dari pada PC karena mudah dibawa-bawa tanpa harus dicolok dengan kabel. Tapi bila dayanya masih 0 setelah dicharge, bisa jadi masalah.

Sebenarnya ada banyak pengguna laptop mengalami hal demikian. Bisa karena kelalaian sendiri, atau kebiasaan buruk selama menggunakan perangkat, hingga baterai tidak terawat dengan baik. Namanya juga teknologi, ada masanya mereka lelah dan ingin istirahat apabila digunakan terus-menerus.

Sebelum terjadi kerusakan hingga baterai laptop di charge 0 terus, memang diwajibkan bagi seluruh pengguna perangkat ini harus merawat bagian energi tersebut dengan sebaik mungkin. Berikut akan kami jelaskan, kenapa permasalahan tersebut bisa muncul pada laptop sendiri.

Coba Atasi Baterai Laptop di Charge Tetapi 0 Terus dari Hal Terkecil

Tindakan yang bagus juga ketika laptop sendiri mengalami masalah, langsung menuju ke tempat servis agar cepat teratasi. Akan tetapi, ada baiknya diteliti sendiri dulu. Barang kali bisa diatasi sendiri karena kerusakannya cukup ringan.

Seperti halnya masalah baterai laptop di charge 0 terus, intinya adalah baterai. Jangan memikirkan lainnya dulu. Karena ketika melihat pada menu bar di bawah dan ikon pengisian daya tidak bertambah alias masih tetap berada di angka 0%, langsung atasi sendiri dulu.

Cara ini juga merupakan tindakan utama untuk melihat permasalahannya. Cukup mudah bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, coba lakukan tindakan seperti berikut :

  1. Coba lihat, apakah dari awal sudah yakin Anda mencolokkan adaptor ke stopkontak. Karena biasanya juga kelupaan untuk memasang bagian kabel sambungan yang dicopot sehingga daya tidak masuk.
  2. Silakan untuk melepas baterainya dulu. Untuk menguji ada kerusakan atau tidak pada komponen tersebut, silakan untuk sambungkan laptop dengan adaptor, lalu nyalakan. Bila berhasil laptopnya hidup, kemungkinan besar pemasangan baterainya salah.
  3. Kemudian periksa kabel adaptornya dari ujung ke ujung. Karena kemungkinan besar, gigitan hewan seperti tikus di rumah, mampu merusak adaptor sehingga tidak bisa menghubungkan daya.
  4. Dan terakhir, periksa colokan chargernya. Apabila berdebut, atau ada besi berkarat dan patah hingga bengkok, memang bisa membuatnya tidak bisa bekerja semestinya.
TRENDING  Cara Atasi Baterai Laptop di Charge 0% Terus

Jika Charge Belum Masuk, Lakukan Teknik Pengaturan Berikut

Semua poin di atas telah dilakukan tapi belum juga menemukan titik terangnya? Jangan terburu-buru untuk pergi ke tempat servis. Apabila kemarin masih bekerja optimal dan mendadak mengalami baterai laptop di charge 0 terus, pasti hanya error saja.

Masih ada trik lain yang bisa dilakukan oleh Anda, agar baterai mampu terisi kembali hingga penuh. Coba dinginkan dulu perangkat tersebut, karena baterai memang rentan dengan suhu panas.

Jadi, lepas dulu komponen tersebut dari laptop, dan hidupkan kembali dengan adaptor. Lalu, lakukan pengaturan seperti langkah berikut :

  1. Coba klik kanan pada tombol START > properties
  2. Langsung saja menuju Devices Manager kemudian pilih Battery.
  3. Nanti akan muncul 3 option, yaitu Microsoft AC Adapter, ACPI-Complient Control Method Battery dan Ms.Composite Battery
  4. Kemudian opsi Microsoft AC Adapter dan Ms.ACPI-Complient Control Method Battery, diuninstall saja.
  5. Langkah terakhir, silakan matikan laptop dan isi daya kembali. Tunggu beberapa jam hingga kemungkinan terisi penuh. Selanjutnya hidupkan kembali untuk mengecek, apakah berhasil terisi atau tidak.

Cara di atas biasanya berhasil. Karena masalah daya, memang ada beberapa penyebab yang menimbulkan kejadian baterai laptop di charge 0 terus. Kalau bisa, setelah kondisinya sudah baik, jangan biarkan di charge setelah perangkat mati. Itu dapat menimbulkan kerusakan.

Originally posted 2021-03-23 11:19:05.