Bantuan UMKM Online Segera Cair, Inilah Cara Mendapatkannya


Bantuan UMKM online tahap 2 akan segera dibagikan untuk para pelaku usaha kecil, apakah Anda sudah mendaftar agar bisa menerima bantuan ini.

Bantuan ini sudah dilaksanakan dari tahun lalu, dan terus dilanjutkan hingga tahun ini karena minat para pengusaha kecil yang tinggi.
Untuk memenuhi minat para pelaku usaha, kuota bantuan ini segera diperbanyak agar para pengusaha ini bisa meningkatkan usahanya walaupun pandemi masih berlangsung.

Pandemi ini memang sangat memukul rata para pelaku usaha, banyak kesulitan yang dirasakan oleh pengusaha. Seperti pembeli yang menurun, dan harga bahan atau material meningkat.

Kesulitan para pengusaha itu pun didengar oleh pemerintah. Pemerintah melalui Kementrian Sosial merencanakan program ini untuk membantu para pelaku usaha agar bisa bertahan di saat pandemi, serta bisa meningkatkan perekonomian Indonesia. Presiden Indonesia, Joko Widodo optimis bahwa perekonomian Indonesia akan membaik di tahun ini.

Bantuan UMKM online bukanlah satu-satunya bantuan yang diberikan pemerintah, sudah ada beberapa bantuan sosial seperti PKH, BST dan Sumbangan Sembako yang akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu pada tahun ini. Melihat banyaknya bantuan yang diberikan, anggaran yang dikeluarkan pemerintah pun sangat banyak.

Simak Cara Mendapat Bantuan UMKM Online

Untuk mendaftar, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Yang pertama adalah mengikuti semua persyaratan dan ketentuan yang dibuat oleh pemerintah. Syarat-syaratnya adalah memiliki Nomor Induk Kependudukan yang berada di KTP atau KK, lalu mendata nama lengkap Anda sesuai dengan yang tertera di KTP.

Syarat kedua alamat tempat tinggal harus jelas dan sesuai, harus memiliki bidang usaha yang jelas, memiliki nomor ponsel yang aktif.

Bagi Anda yang memiliki alamat yang berbeda antara KTP dan lokasi usaha, diminta untuk melampirkan Surat Keterangan Usaha.

Nantinya berkas Anda akan diseleksi terlebih dahulu oleh petugas setempat, lalu diusulkan oleh dinas yang membidangi koperasi dan UKM di daerah anda, koperasi yang telah berbadan hukum, serta perusahaan yang namanya telah terdaftar di OJK.

Pendaftaran juga bisa dilakukan secara online melalui website oss.go.id dengan membuat akun terlebih dahulu. Pada registrasi akun, Anda akan diminta untuk mengisi nomor identitas KTP dan email.

Setelah membuat akun, Anda akan diminta untuk login dan mengisi data diri secara detail. Jangan khawatir langkah-langkah untuk registrasi dan pengisian data diri, akan dijelaskan secara lebih lengkap melalui website tersebut.

TRENDING  Kabar Gembira! Inilah Syarat BANSOS Modal Usaha Rp 3.5 Juta agar Lolos dan Dicairkan Kemensos

Setelah syarat sudah diikuti dan telah mengisi data diri, maka Anda tinggal menunggu SMS dari bank penyalur yang didaftarkan. Bank penyalur itu merupakan bank yang ditunjuk oleh pemerintah, ada yang dari bank swasta dan Negara.

Cara Agar Anda Tidak Gagal Menerima Bantuan 

Biarpun Anda memenuhi syarat diatas, tidak memastikan bahwa Anda akan langsung diterima. Bantuan ini bisa gagal apabila Anda merupakan karyawan atau anggota instansi pemerintah atau sedang menerima pinjaman kredit dari bank. Hal ini dinilai tidak sah apabila Anda menerima bantuan UMKM online ini.

Usaha yang dimiliki juga harus jelas, karena apabila dinilai meragukan maka pemerintah akan bertindak tegas kepada pelaku usaha tersebut. Dana yang sudah Anda terima bisa diminta kembali, karena hal tersebut. Jangan sampai memalsukan dokumen juga, karena masalah ini bisa berbuntut panjang nantinya.

Apabila dana sudah turun dari pemerintah, sebaiknya Anda segera verifikasi ulang untuk proses pencairan dana. Mencairkan dana butuh waktu 3 bulan setelah dana turun, jadi apabila lebih dari waktu yang ditentukan maka uang tersebut bisa ditarik kembali.

Intinya pemerintah hanya ingin memberikan dana kepada pelaku usaha yang bersungguh-sungguh menggunakan bantuan UMKM online itu sebagai modal usaha. Bukan malah disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Segera lengkapi berkas data diri Anda dan melengkapi persyaratan yang ada agar bisa segera mendaftar.

Dengan bantuan ini diharapkan, semua usaha kecil bisa bangkit kembali dan bisa berhasil melewati pandemi. Segala bantuan ini harus dipergunakan sebaik mungkin untuk menjalankan usaha, agar bisa bertahan di saat seperti ini dan bisa bersaing dengan usaha-usaha lainnya.

Ingat untuk membaca segala ketentuan dan persyaratan yang ada, Anda juga bisa mengakses website Kemensos yaitu Kemensos.go.id, untuk mengakses info lebih lanjut. Segera daftar sebagai peserta penerima bantuan UMKM online dari pemerintah, agar usaha Anda bisa terus bertahan di saat pandemi dan bisa memulihkan perekonomian Indonesia.

 

 

Originally posted 2021-07-01 07:01:33.