Anda Tak Perlu Kelelahan Saat Bersepeda, Ini Kuncinya

Ketika masih kecil dulu, kita mendapat hadiah ulang tahun istimewa di perayaan ulang tahun. Kado istimewa dari ayah dan ibu, berupa sebuah sepeda yang kerap kita gunakan untuk bepergian menyusuri jalanan desa. Ketika kita beranjak dewasa, kita memakai sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari.

Meski cukup banyak orang yang menyukai memakai motor atau mobil untuk bepergian. Namun penggemar sepeda selalu saja ada. Alasannya selain ramah lingkungan, bersepeda bersama menjadi aktivitas menyehatkan yang kini digandrungi berbagai kalangan.

Kini sepeda sudah naik kelas dan material untuk membuat sepeda kini sudah variatif dengan bobot yang ringan namun bodi dan model nya lebih ringkas. Selain itu fitur keamanan dan aksesorisnya juga lebih lengkap. Bersepeda kini telah menjadi hobi banyak orang. Bersepeda tidak hanya berguna untuk melatih otot tubuh dan pernafasan saja, bersepeda juga bagus untuk sarana refreshing.

Bagi Anda yang berminat untuk memulai gaya hidup baru yang lebih ramah lingkungan dan sehat dengan bersepeda, Anda dapat menyimak ulasan mengenai tips bersepeda untuk pemula berikut ini.

Memilih Sepeda Yang Pas

Ketika akan membeli sepeda sebaiknya anda menentukan di awal tipe sepeda yang ingin dibeli serta apa saja kelebihannya. Pikirkan juga seperti apa rute yang ingin dipilih kemudian bagaimana seperda tersebut akan digunakan.

Tidak perlu mahal, yang terpenting sepeda yang Anda gunakan nyaman dan memiliki kondisi yang baik.

Perhatikan Soal kenyamanan

Jika diamati dengan seksama, mereka yang dikategorikan senior dalam bersepeda sering melakukan penyesuaian terhadap kondisi sepeda agar ketika digunakan kiondisinya bagus. Beberapa komponen yang harus diperhatikan antara lain adalah saddle dan handlebar grip.

Meskipun Anda bukanlah seorang pesepeda profesional, memastikan sepeda dapat nyaman digunakan akan sangat membantu dalam menghindari cedera.

Mempelajari cara memperbaiki ban bocor

Kadangkala hal buruk terjadi ketika sedang bersepeda. Pengalaman buruk tersebut antara lain ban bocor. Ban bocor bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Tentu mendapati sebuah paku menancap di ban ketika sedang enjoy bersepeda adalah hal menyebalkan. Namun jika anda tahu bagaimana cara mangatasi hal ini kemudian memperbaikinya, itu tidak akan menjadi masalah.

TRENDING  Oppo Reno6 Versi Indonesia dan China Ternyata Ada Bedanya Lho

Melengkapi perlengkapan keamanan

Jika merasa ingin mengoptimalkan aktivitas bersepeda, tak ada salahnya jika mulai melengkapi berbagai perlengkapan keamanan untuk bersepeda. Di bawah ini adalah beberapa perlengkapan keamanan yang bisa anda lengkapi sebagai penunjang aktivitas bersepeda.

  • Helm
  • Kunci gembok (jika Anda berencana untuk meninggalkan sepeda dan singgah di beberapa tempat)
  • Lampu sepeda
  • Sarung tangan (di musim dingin)
  • Pompa lacak (untuk digunakan di rumah)
  • Pompa mini (untuk digunakan dalam perjalanan)

Mempelajari teknik dasar

Dalam bersepeda, untuk menghadapi tantangan baru, anda tidak perlu ragu. Terutama sekali pelajarilah sejumlah teknik dasar bersepeda agar semua kondisi jalan yang akan dihadapi berikut rute nya bisa dihadapi dengan mudah.

Pemahaman ini sangat membantu Anda untuk lebih percaya diri dalam bersepeda sehingga tidak mudah ragu dalam mencoba hal baru. Teknik-teknik penting yang perlu Anda ingat, di antaranya:

Rem depan jauh lebih efektif dalam menghentikan sepeda.

ketika menikung, sebelum tiba di tikungan sebaiknya pastikan untuk mengurangi kecepatan. Di atasnya, hal ini akan membuat pengereman terasa lebih pas.

Angkat lutut dalam dan berikan beban ke luar untuk menjaga keseimbangan.

Menghadapi tanjakan terus kayuh dengankuat sehingga ke pendakian didapatkan momentum yang memadai.

Memperhatikan asupan saat bersepeda

Ketika latihan bersepeda, hal-hal buruk seperti kebiasaan makan, kebiasaan lain saat melakukan olahraga, misalnya dalam berenang atau berlari, sebaiknya dihindari.

Akan tetapi, berbeda untuk para pesepeda yang membutuhkan asupan energi dari makanan selama ini mengayuh sepedanya, apalagi bagi mereka yang melakukan perjalanan bersepeda hingga berjam-jam.

Itulah sebabnya, pastikan untuk selalu membawa camilan ringan saat Anda bersepeda selama lebih dari 90 menit.

Tak cuma itu, saat bersepeda sebaiknya anda membawa air dalam botol dan disimpan di sepeda. Dengan cadangan air minum yang dibawa anda tak perlu bersusah payah saat merasa haus.

Sumber :

https://www.sehatq.com/artikel/tips-bersepeda-untuk-pemula-yang-harus-anda-ketahui

 

Originally posted 2021-06-30 15:48:56.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *