7 CARA MENGATASI SPEAKER HP KENA AIR

Setiap orang biasanya menggunakan HP untuk mendengarkan musik, nelpon, atau nonton film, dan semua aktivitas tersebut menggunakan speaker HP. Namun bagaimana jika tiba-tiba speaker HP rusak karena kemasukan air? Jangan salah, masalah ini sebenarnya umum terjadi mengingat memang speaker HP terletak diluar dan sangat rentan. Banyak orang telah mengalami masalah speaker HP yang terkena air entah itu karena tercebur atau terkena hujan. Dampaknya, speaker HP pasti akan mengalami error dan beberapa masalah seperti dibawah ini:

Dampak Speaker HP Kena Air

  • Suara Speaker HP menjadi kecil

Salah satu dampak umum jika speaker HP kamu kemasukan air adalah suara speaker menjadi kecil. Hal ini terjadi karena membran pada speaker terselimuti oleh air. Hal ini menyebabkan getaran suara yang keluarkan tidak maksimal dan tidak keras. Solusi untuk mengatasi suaranya speaker agar normal kembali adalah dengan mengeluarkan air dari speaker HP kamu.

  • Suara Speaker Tidak Jelas

Dampak kedua dari speaker HP kemasukan air adalah suara HP menjadi tidak jelas. Hal ini pastinya akan sangat menjengkelkan terutama jika kamu sering menggunakan HP untuk menelpon atau berkomunikasi. Segera ambil tindakan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah dan speaker HP bisa mengeluarkan suara dengan normal kembali.

  • Suara Speaker HP Terdengar Pecah

Ketika speaker HP terkena air biasanya hal tersebut akan membuat suara yang keluar jadi terdengar pecah. Kondisi ini biasanya akan menjadi parah jika kamu menggunakan HP dengan volume yang tinggi. 

  • Bunyi yang Dikeluarkan Cempreng

Jika suara speaker HP tiba-tiba menjadi cempreng dan tidak enak didengar, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh karena speaker HP kamu kemasukan air. Air akan membasahi permukaan speaker yang  membuat gelombang suara keluar tidak dapat digetarkan dengan maksimal dan kencang. Alhasil, suara speaker menjadi cempreng dan tidak enak didengar.

  • Speaker Tidak Mengeluarkan Suara Sama Sekali

Setelah speaker HP kemasukan air, hal fatal yang akan terjadi biasanya adalah saat speaker sama sekali tidak mengeluarkan suara. Kondisi ini terjadi ketika kondisi speaker sudah terlalu parah karena air yang bersarang di dalam speaker sudah lama. Air dapat yang menyebabkan permukaan speaker berkarat pada bagian logamnya dan yang paling parah dapat membuat permukaan speaker robek. 

Cara Mengatasi Speaker HP Kena Air

Speaker HP yang kemasukan air akan membuat speaker menjadi tidak berfungsi dengan optimal. Segera lakukan tindakan agar kerusakan pada speaker HP kamu tidak semakin parah. Ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk mengeluarkan air dari speaker HP kamu, dimana cara tersebut bisa dilakukan baik untuk tipe HP baterai tanam ataupun tipe HP dengan baterai yang bisa dicopot. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut: 

  • Cek Tingkat Volume HP

Cara mengatasi masalah speaker HP yang terkena air yang pertama adalah mengecek terlebih dahulu pengaturan dan tingkat volume speaker HP. Penting untuk kamu memastikan terlebih dahulu apakah suara speaker yang dikeluarkan masih normal atau tidak. Bisa jadi jika masalah yang terjadi pada speaker HP kamu disebabkan oleh pengaturan tingkat volume yang keliru, atau dalam keadaan silent bukan karena kemasukan air.

  • Test Kinerja Speaker HP

Jika tingkat volume sudah kamu cek, yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah melakukan tes pada kinerja speaker HP. Caranya gunakan kode pengecekan pada mode dial atau kode informasi hardware pada HP sesuai merk. Cara ini akan memberikan informasi apakah kinerja speaker mengalami kerusakan atau tidak, karena bisa saja terjadi error pada system yang menyebabkan suara speaker tidak jelas atau bahkan tidak keluar.

  • Bersihkan Speaker HP
TRENDING  Oppo Reno6 Versi Indonesia dan China Ternyata Ada Bedanya Lho

Jika pada speaker HP kamu masih tertinggal sisa air, maka kamu harus segera membersihkannya agar air tersebut tidak sampai masuk ke dalam yang bisa berakibat fatal bagi komponen lain. Cara membersihkan air tersebut dari speaker HP bisa menggunakan jarum yang diberi kapas di ujungnya atau alat lainnya. Dengan membersihkan air yang menempel di permukaan speaker tersebut, biasanya akan menghilangkan suara kresek-kresek yang keluar dari speaker.

  • Keringkan HP Dengan Pengering Rambut (Hairdryer)

Selain berguna untuk mengeringkan rambut, hairdryer ternyata juga bisa berfungsi untuk mengeluarkan air dari speaker HP kamu. Udara panas yang dihasilkan oleh hairdryer akan membuat embun air yang terdapat pada speaker menjadi menguap dan hilang. Cara untuk mengeringkan speaker HP dengan hairdryer tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu meletakan hair dryer di dekat speaker HP kamu, dan setel mode panasnya pada tingkat paling rendah. Pastikan HP dalam keadaan mati atau jika HP kamu tipe baterai yang bisa dicopot, alangkah baiknya jika baterai dilepas agar proses pengeringan bisa lebih cepat dan tidak membuat HP overheat.

  • Mengeringkan HP Pada Media Beras

Mengeringkan HP dengan menggunakan media beras merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu coba, apalagi jika HP kamu tercebur ke dalam air secara utuh. Media beras memiliki sifat yang akan menyerap air dengan baik, sehingga bisa menjadi media untuk mengeringkan komponen HP yang kemasukan air termasuk pada bagian speaker. Untuk melakukannya sangatlah mudah, kamu hanya perlu menyiapkan beras lalu taruh pada wadah yang cukup untuk memasukan HP kamu juga. Kemudian masukan HP sampai semua komponen terkubur, dan diamkan selama kurang lebih 1 hari full atau lebih. Jika ingin hasil maksimal, kamu bisa membongkar komponen HP seperti baterai agar proses pengeringan bisa lebih cepat.

  • Mengeringkan HP Dengan Bantuan Kipas Angin

Jika tidak memiliki pengering rambut, kamu bisa menggunakan kipas angin untuk menghilangkan air yang bersarang di HP kamu. Sebelum dikeringkan, kamu harus mencopot semua komponen yang bisa dilepas. letakkan di depan kipas angin dan hidupkan kipas pada level paling rendah sampai sedang. Arahkan angin dari kipas untuk berfokus ke bagian speaker HP, supaya air yang bersarang pada bagian speaker bisa hilang tertiup angin dan menguap. Lakukan cara ini selama beberapa waktu sampai air yang terdapat di dalam speaker HP bisa benar-benar hilang.

  • Segera Lakukan Service Speaker HP

Jika semua cara di atas telah kamu lakukan namun speaker HP masih dalam kondisi yang sama, maka cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah melakukan perbaikan atau service speaker HP kamu. Hal ini perlu dilakukan karena speaker HP merupakan komponen yang ada didalam HP yang jika dibiarkan bisa saja menyebabkan konslet yang akan membuat komponen HP lainnya menjadi rusak. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi speaker HP yang terkena air, dimana beberapa cara bisa kamu lakukan dirumah dengan bahan-bahan atau alat yang cukup sederhana. Semoga membantu.