5 MASAKAN FAVORIT HARI RAYA IDUL FITRI

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari spesial bagi umat islam diseluruh dunia, karena merupakan perayaan setelah satu bulan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Idul Fitri memiliki makna kembali ke fitri atau kembali suci dan bersih, dan menjadi penanda hari kemenangan setelah berhasil mengalahkan hawa nafsu dan godaan-godaan lainnya selama melaksanakan ibadah puasa. Di tahun 2022 ini ramadhan jatuh pada awal April dan Idul Fitri 1443 hijriah akan jatuh pada awal bulan Mei, sepertinya akan menjadi Idul Fitri yang sangat spesial dan meriah karena pemerintah memberikan kembali perizinan masyarakat untuk melakukan mudik lebaran. 

Berbicara tentang lebaran atau hari perayaan pastinya akan selalu kental dengan sajian dan hidangan spesial untuk disantap. Sama halnya dengan hari raya lainnya, pada hari raya Idul Fitri juga banyak hidangan yang begitu spesial dan sangat khas turut mewarnai datangnya hari kemenangan tersebut. Karena spesial, tak jarang beberapa dari hidangan masakan-masakan tersebut hanya ada atau dibuat ketika Hari Raya Idul Fitri saja. Penasaran apa saja hidangan masakan tersebut? Berikut ini detiker.com telah merangkum beberapa hidangan masakan favorit hari raya idul fitri yang bisa juga kamu hidangkan ketika Idul Fitri tiba. Mari kita simak uraian dibawah ini: 

1. Ketupat

Gambar ikonik ramadhan berbentuk segi empat tidak simetris, berwarna hijau bergaris-garis, dan terbuat dari daun kelapa, Ya itu adalah bentuk dari ketupat. Makanan satu ini menjadi salah satu yang terfavorit dan memberikan kesan sangat khas ketika hari raya Idul Fitri tiba. Makanan berbahan dasar beras kemudian dibungkus dalam anyaman daun kelapa muda yang dimasak dengan cara direbus ini disajikan dengan cara dipotong-potong lalu biasanya dimakan bersamaan dengan opor ayam. Ketupat sendiri memiliki sejarah yang luar biasa karena berasal dari masa hidup salah satu walisongo yaitu Sunan Kalijaga. Tepatnya pada masa sang Sunan menyebarkan syiar Islam ditanah jawa pada abad 15 – 16. Membuat dan menyantap ketupat dijadikan sebagai salah satu budaya sekaligus filosofi Jawa oleh sang Sunan yang berbaur dengan erat pada nilai keIslaman. Ketupat menjadi hidangan hari Raya untuk masyarakat Jawa dan Sunda, dimana nama ketupat itu sendiri dinamakan sebagai kupat yang memiliki makna “ngaku lepat” yang berarti mengakui kesalahan.

2. Opor Ayam

Masakan khas ketika hari raya Idul Fitri tiba adalah opor ayam. Opor ayam merupakan menu olahan ayam yang berkuah santan yang kental dan bumbu rempah. Paduan daging ayam yang dimasak sampai empuk dengan gurihnya kuah santan, wangi aroma bumbu rempah, yang disantap ketika masih agak hangat menjadikan opor ayam sangat spesial untuk dihidangkan saat Idul Fitri. Santan kental menjadi kunci kelezatan dan gurihnya sajian opor ayam, namun jangan sampai penggunaan santan kental terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan. Alternatif dan solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti santan kental dengan santan cair yang biasanya dijual banyak dipasaran. Dalam penyajiannya biasanya opor ayam sangat nikmat disantap bersama dengan ketupat yang telah dipotong-potong kecil sebagai pengganti nasi dengan ditambahkan taburan bawang goreng yang gurih.

TRENDING  Cara Screenshot Windows 10 Paling Lengkap dan Mudah

3. Sambal Goreng Kentang 

Masakan favorit ketika lebaran yang selanjutnya sambal goreng kentang. Olahan kentang ini biasanya ditambahkan juga irisan hati, ampela ayam atau juga daging sapi yang empuk sesuai selera. Hidangan sambal goreng kentang ini biasanya terbuat dari bahan dasar kentang yang dipotong dadu, kemudian ditambahkan daging hati, ampela ayam, atau daging sapi kemudian bumbu sambal yang gurih. Selain dihidangkan ketika datangnya hari lebaran, sambal goreng kentang ini biasanya juga sering dihidangkan untuk acara-acara lainnya, seperti ketika saat hajatan dan pesta pernikahan atau acara arisan.

4. Semur Daging

Masakan favorit di Hari Raya Idul Fitri dengan bahan baku daging lainnya adalah semur daging. Biasanya daging yang digunakan adalah daging sapi dan masakan ini dibuat sebagai pengganti rendang daging. Namun, beberapa keluarga juga biasanya akan menghidangkan rendang daging dan semur daging juga sebagai menu komplit saat lebaran. Karena makanan makanan ini biasanya menjadi hidangan yang akan disantap bersama keluarga besar ketika berkumpul dan silaturahmi. Memasak Semur daging sendiri tidaklah terlalu rumit karena makanan ini merupakan masakan daging rebus yang kemudian diolah dengan bumbu kecap manis dan rempah-rempah lainnya yang mudah ditemukan dipasaran. Jadi jangan heran kalau rasa semur daging pasti akan identik dengan rasa manis ya. Sangat cocok menjadi teman nasi untuk dimakan sepulang dari shalat Ied lebaran.

5. Lontong Sayur

Masakan favorit saat Hari Raya Idul Fitri yang selanjutnya adalah hidangan berkuah, yaitu Lontong sayur.  Masakan ini biasanya akan dihidangkan ketika pagi hari setelah selesai sholat eid atau ketika banyak sanak saudara berkunjung dan berkumpul guna melaksanakan sarapan bersama di rumah. Masakan ini merupakan hidangan khas dari Minangkabau yang identik dengan citarasa gurih dengan kuah santan yang kental dan bumbu khas masakan Minang. Pastinya sangat cocok dihidangkan untuk makan bersama keluarga besar apalagi ketika hari spesial tiba seperti Hari Raya Idul Fitri.

Itulah beberapa masakan favorit Hari Raya Idul Fitri yang biasanya selalu menjadi hidangan andalan untuk disajikan kepada sanak keluarga. Gimana, apakah ada salah satu menu Hari Raya Idul Fitri di atas yang menjadi menu favorit kamu juga saat lebaran? Selain hidangan menu lebaran di atas, biasanya terdapat juga berbagai jenis kue kering khas lebaran, seperti kue nastar, kue kacang, dan kue putri salju, sebagai teman ngemil ketika berkumpul bersama keluarga yang membuat momen lebaran terasa semakin lengkap.