5 Latihan Pernafasan Yang Harus Dilatih Pasien Covid 19

Untuk menghindari kondisi yang terus memburuk, penderita covid 19 sebaiknya tidak hanya mengkonsumsi obat-obatan dan berdiam diri saja. Penderita covid 19 sebaiknya berlatih mengatur pernafasan untuk menghindari batuk ringan, nafas berat, dan nafas pendek. Selain itu juga disarankan untuk berjemur dan melakukan olahraga ringan.

Siti Chandra Widjanantie, KSM Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Umum atau RSUP Persahabatan, menyampaikan cara melatih pernafasan untuk dilakukan oleh pasien covid 19, tak hanya untuk yang dirawat di rumah sakit saja, tapi juga untuk yang isolasi mandiri di rumah.

Menurutnya, Latihan pernafasan begitu penting karena sesak nafas akibat kekurangan oksigen menjadi salah satu gejala umum yang dialami oleh penderita Covid 19.

Berikut lima gerakan latihan pernapasan untuk pasien Covid-19:

Menggerakkan Sendi Bahu

Iringi nafas seperti ketika melakukan relaksasi dengan gerakan bahu ke depan. Setelah itu nafas dibuang sambil bahu dikembalikan ke posisi sebelumnya. Gerakan ini dilakuka tiga kali.

Memobilisasi dinding dada

Menggerakkan tangan menjadi inti dari dari latihan ini. Dalam gerak mobilisasi dinding dada setidaknya ada tiga gerakan.

Pertama-tama angkat tangan sambil tarik nafas panjang. Setelahnya turunkan tangan seraya membuang nafas. Lakukan sebanyak tiga kali.

Berikutnya, buka tangan ke arah samping kemudian tarif nafas. Saat tangan diturunkan, nafas juga dihembuksna. Lakukan sampai tiga kali.

Terakhir, tangan diangkat ke atas lalu ke saming sambil menarik nafas. Tangan lalu diturunkan dan buang nafas. Hal ini juga sama untuk tangan kiri. Lakukan untuk masing-masaing sebanyak tiga kali.

TRENDING  Begini cara mudah cek penerima bansos 2021 yang cair bulan Mei 2021

Menarik Napas dalam

Penderita Covid 19 menarik nafas sedalam-dalamnya kemudian ditahan beberapa saat setelah itu hembuskan. Berikutnya, nafas ditarik sebanyak dua hingga tiga kali bertahap, setelah itu dihembuskan. Ulangi sampai tiga kali.

Latihan batuk

Kini cobalah menarik nafas yang dalam kemudian dibatukkan. Lakukan dengan membuka mulut layaknya menghentakkan sesuatu. Ulangi dan lakukan sampai tiga kali. Tak hanya dengan buka mulut saja latihan batuk dilakukan. Bisa juga dilakukan sambil mulut tertutup.

Latihan Tengkurap

Kini penderita covid 19 latihan tidur tengkurap di mana di bawah pinggul diletakkan sebuah bantal. Setelah itu seperti biasa nafas ditarik dalam-dalam lalu dihembuskan. Lakukan hingga tiga kali.

Tak cuma latihan tengkurap saja, saat latihan pernafasan ini dilakukan, penderita sebaiknya juga pahami teknik relaksasi. Cara ini penting untuk diketahui mereka yang masih merasa sulit untuk menggerakkan bahu, tangan, melakukan gerak tengkurang, atau melatih batuk.

Caranya, ambil posisi duduk tegak lalu tarik napas dalam secara perlahaan. Tarik napas dari hidung, rasakan udara masuk ke tubuh, dan keluarkan dari mulut. Ulangi relaksasi ini sebanyak ketiga kali.

Saat mengambil nafas dalam, sangat disarankan bernafas tak hanya dengan otot diafragma saja, tapi juga boleh memakai otot perut.  “Jadi saat menarik napas, kembungkan perut. Buang napas, perut kempis,” ujar Siti. Untuk mengetahuinya, pasien Covid-19 dapat letakkan telapak tangan di perut dan rasakan perut saat mengembang dan mengempis sembari bernapas.

Sumber :

https://gaya. tempo.co/read/1479552/pasien-covid-19-mesti-belajar-latihan-pernapasan-ikuti-5-gerakan-berikut

Originally posted 2021-07-04 14:03:53.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *