5 CARA MENGATASI LAYAR HP BERGARIS

Semua pengguna Smartphone, apapun merk dan jenisnya mungkin pernah mengalami masalah layar HP bergaris baik horizontal maupun vertikal. Selain itu, garis yang muncul tidak hanya hitam saja biasanya ada garis berwarna, seperti hijau, putih, merah dll. Masalah Layar HP yang bergaris memang cukup menjengkelkan dan sangat mengganggu pemandangan. Terutama ketika jumlah garis yang keluar semakin banyak dan menebal. Tentu saat kita mengoperasikan smartphone akan sangat terganggu, karena ada beberapa titik yang tidak bisa kita lihat dengan jelas karena garis tersebut.

Apabila hal tersebut sedang kamu alami, maka kamu perlu mengetahui penyebab masalah tersebut muncul karena apa. Jangan terburu-buru untuk mengganti layar LCD, karena kamu juga pasti paham jika mengganti layar LCD tidaklah murah, bisa-bisa kamu harus merogoh kocek separuh dari harga HP baru. Hampir semua merk HP bisa saja mengalami masalah layar HP yang bergaris. Tidak peduli apapun jenis layar LCD nya, bisa saja layar Oled, Amoled, ataupun jenis layar LCD lainnya. Berikut ini merupakan penjelasan tentang penyebab kenapa layar HP bergaris dan cara untuk mengatsinya. Mari kita simak bersama-sama:

Penyebab Layar LCD Bergaris

Munculnya garis baik horizontal maupun vertikal pada layar LCD bisa disebabkan karena dua hal, yaitu software & hardware. Kamu perlu mengidentifikasi terlebih dahulu penyebab munculnya garis pada layar LCD HP mu, sebelum menentukan cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini merupakan beberapa penyebab masalah garis pada layar LCD HP yang paling sering terjadi:

1. HP Sering Terjatuh

HP yang sering mengalami benturan karena terjatuh bisa menjadi salah satu penyebab munculnya garis pada layar LCD HP mu. Akibat fatal dari HP yang sering terjatuh bisa menyebabkan kerusakan pada hardware maupun software. Jika kerusakan terjadi pada hardware, maka biasanya kerusakan yang paling sering terjadi adalah keretakan atau pecah pada layar LCD, yang pastinya diikuti garis-garis pada layar HP. Dan jika kerusakan terjadi pada software akibat HP yang jatuh, maka hal pertama untuk memeriksa apakah terjadi kerusakan adalah dengan mengambil screenshot. Lakukan screenshot dengan sembarang saja, lalu kirim hasil screenshot tersebut ke temanmu untuk dilihat. Jika hasil screenshot tidak muncul garis, maka dapat dipastikan jika software pada HP aman dan kerusakan hanya terjadi pada hardware.

2. HP Terkena Cipratan Air atau Pernah Tenggelam

Penyebab layar LCD HP bergaris yang kedua adalah karena HP pernah terkena cipratan air atau tenggelam pada kubangan air.  Beberapa merk HP memang tidak di bekali spesifikasi ketahanan air yang baik, makanya ketika terkena cipratan air sedikit saja yang langsung masuk HP akan rusak. HP merupakan barang elektronik, yang tentunya kontak langsung dengan air merupakan suatu hal yang harus dihindari agar terhindar dari terjadinya reaksi elektris atau konslet pada HP. Konslet akibat kontak langsung dengan air ini dapat menjadi salah satu penyebab layar HP bergaris, dan juga bisa menyebabkan layar HP bergetar / tidak stabil. Oleh sebab itu, perlu penanganan segera terkait cara mengatasi layar LCD HP yang bergaris dan bergetar ini. 

3. Sistem Yang Error

Penyebab selanjutnya kenapa bisa muncul garis pada layar LCD Hp kamu adalah karena terdapat error pada sistem. Sistem yang mengalami error biasanya akan bereaksi dengan munculnya bug. Dan tanda jika HP kamu terdapat Bug adalah munculnya garis halus pada layar LCD atau layar tiba-tiba menjadi berkedip. Biasanya masalah ini terjadi karena HP di root atau memang ada kesalahan teknis saat perakitan HP.  Dan cara untuk mengatasi layar LCD bergaris karena sistem yang error ini memerlukan teknik tertentu.

4. Layar LCD Tertekan Benda yang Berat

Tekanan yang kuat atau HP tertindih benda berat, bisa memunculkan garis putih atau garis berwarna-warni pada layar LCD HP. Dan lebih fatalnya, hal ini juga bisa menyebabkan layar HP jadi berkedip karena kerusakan hardware. Hal ini biasanya terjadi karena misalnya kamu tidak sengaja menduduki HP.

5. Socket Pada Layar LCD Mengalami Kerusakan

Penyebab terakhir yang bisa menyebabkan munculnya garis pada layar LCD HP adalah karena adanya kerusakan pada socket layar. Kerusakan ini bisa memicu munculnya berbagai garis pada layar LCD HP kamu, seperti garis Horizontal, Vertikal, garis ganda, dan garis berwarna. Socket layar yang rusak pada umumnya terjadi karena adanya cacat pada saat produksi atau setelah di service. Pemasangan soket layar LCD pada HP kurang tepat dan presisi, sehingga terjadi masalah pada soket layar. Soket layar merupakan salah satu komponen yang sangat sensitif & harus di kerjakan oleh orang yang memiliki keahlian khusus dan ketelitian yang tajam.

TRENDING  Tips Mengubah Fungsi Tombol Power Laptop

Cara Mengatasi Layar LCD HP Yang Bergaris

Setelah kamu mengetahui beberapa penyebab dari munculnya garis pada layar LCD HP kamu, selanjutnya adalah melakukan perbaikan pada masalah tersebut. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Restart HP & Masuk ke Safe Mode

Pertama untuk cara mengatasi layar LCD HP yang bergaris adalah dengan melakukan restart lalu masuk ke mode aman (safe mode). Hal ini bertujuan untuk melacak kinerja Operating System (OS) dan melakukan diagnosis apabila ada masalah atau error pada Operating System tersebut. Apabila letak kerusakan memang terdapat pada software, sistem akan segera mengirimkan notifikasi atau pemberitahuan kepada kamu.

Cara untuk masuk ke safe mode adalah:

  • Tekan dan tahan tombol power HP kamu sampai muncul menu pop up seperti, power off, restart, dll.
  • Klik dan tahan “power off” beberapa saat sampai muncul pop up “masuk ke menu aman”.
  • Klik OK dan HP secara otomatis akan me restart dan masuk ke mode aman atau safe mode.

Cara diatas merupakan cara paling umum untuk masuk ke mode aman atau safe mode, jika cara diatas tidak berhasil di HP kamu, coba cari tips di internet sesuai merk dan tipe dari HP kamu.

2. Menggunakan Aplikasi Repair LCD

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa kamu download yang memang dikembangkan untuk mengatasi layar LCD HP yang bergaris. Salah satu aplikasi repair LCD adalah Dead Pixels Test & Fix yang bisa kamu download dari Playstore. Aplikasi ini bekerja dengan cara mendeteksi pixel pada layar LCD yang rusak, kemudian melakukan repair atau perbaikan sampai titik LCD yang rusak dan terdapat garis itu hilang. Hal ini bisa menjadi solusi mudah dan simpel yang bisa kamu coba untuk memperbaiki layar LCD HP yang bergaris.

3. Menonaktifkan Pengaturan “Show Pointer Location” pada Developer Option

Cara ketiga yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah layar LCD HP yang bergaris adalah melalui Developer Option (Opsi Pengembang) dan menonaktifkan pengaturan Show Pointer Location. Pengaturan ini merupakan sebuah petunjuk lokasi pointer berupa garis bidik yang ada pada setiap Smartphone.

Langkah-langkah untuk menonaktifkan Show Pointer Location:

  • Masuk ke bagia Settings (Pengaturan).
  • Skroll ke bagian paling bawah dan buka Tentang Ponsel.
  • Ketuk pada bilah menu Build Number atau Nomor Seri Pembuatan sebanyak 7 kali dengan cepat, sampai muncul notifikasi kalo kamu sudah menjadi developer (pengembang).
  • Tekan back dan buka Developer Option 
  • Skroll dan temukan opsi Show Pointer Location (Tampilan Penunjuk), lalu tekan nonaktifkan.

4. Tekan Pelan Pada Bagian Layar LCD Yang Terdapat Garis

Seperti yang sudah kita bahas diatas, terkadang munculnya garis pada layar HP disebabkan karena smartphone kamu tertekan oleh benda benda keras yang menyebabkan adanya error pada LCD. Maka untuk mengecek bagian layar mana yang rusak adalah dengan mengamati permukaan layar LCD yang kemungkinannya tidak rata atau presisi. Kemudian tekan dengan pelan disekitar layar LCD yang bergaris tersebut dengan jari untuk mengembalikan posisi layar LCD yang tidak rata agar seperti sebelumnya.

5. Lakukan Factory Reset Pada Handphone

Sebelum melakukan factory reset, perlu kamu amati terlebih dahulu apakah garis pada layar HP kamu hanya muncul ketika masuk sistem saja, tapi ketika HP sedang dalam keadaan booting garis tersebut tidak ada? Jika iya, kemungkinan besar munculnya garis pada layar HP kamu memang karena adanya masalah pada sistem. Maka cara untuk mengatasi layar HP bergaris yang satu ini adalah dengan mereset handphone kamu. Perlu diketahui, melakukan factory reset berarti kamu menghapus seluruh data dan pengaturan, alangkah baiknya jika kamu membackup atau menyalin terlebih dahulu file-file yang penting. Jika back up data sudah selesai lakukan factory reset dengan cara di bawah ini :

  • Masuk Ke Menu Setting. 
  • Skroll dan masuk pada menu Setelan Telepon lalu cari opsi Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Ketuk opsi tersebut dan tekan OK.
  • Dan langkah selanjutnya kamu hanya perlu menunggu sampai proses factory reset selesai. 

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah layar HP bergaris yang bisa kamu lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share ke teman atau saudara kamu yang membutuhkan.